GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPPP)
DAN KONTRAK PERKULIAHAN
I.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah :
Membaca II
Kode Mata Kuliah :
-
Bobot SKS :
4 SKS
Semester / Kelas :
VII / A, B, C, D, E, dan F
Jurusan/Program Studi :
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Status Mata Kuliah :
Wajib
Dosen / Kode Dosen :
Muhsyanur, S.Pd., M.Pd. (MU)
II.
TUJUAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa
diharapkan;
a.
memiliki pengetahuan
mengenai teori-teori membaca
b.
memiliki keterampilan
dalam menentukan pendekatan, metode dan teknik dalam kegiatan membaca karya
ilmiah, karya ilmiah populer, maupun membaca sastra.
c.
memiliki kemampuan dan
dapat lebih terampil memeraktikkan kegiatan membaca yang baik
d.
memiliki kemampuan
pengembangan pada disiplin ilmu yang dimiliki
III.
DESKRIPSI
Pertemuan I
Pengantar Perkuliahan
A. Sosialiasasi Mata Kuliah
B. Pengarahan
C. Pengenalan
Pertemuan II
Hakikat Membaca
A. Pengertian Membaca
B. Fungsi Membaca
C. Manfaat Membaca
Pertemuan III
Keterampilan Membaca
A. Keterampilan Membaca Karya Ilmiah
B. Keterampilan Membaca Karya Ilmiah Populer
Pertemuan IV
Pemahaman dan Jenis Kegiatan Membaca
A. Memahami Bacaan
B. Memahami Kembali Isi wacana
C. Cara Memahami Wacana
Pertemuan V
Jenis-Jenis Membaca yang Perlu Dikembangkan
A. Membaca Intensif
B. Membaca Kritis
C. Membaca Cepat
D. Membaca Apresiatif
Pertemuan VI
Penguasaan Keterampilan Membaca
A. Bacaan yang Baik dan Ciri-cirinya
B. Membaca yang Baik dan Pembaca yang Baik
Pertemuan VII
Problematika dan Solusi dalam Keterampilan Membaca
A. Kendala- kenadala dalam Membaca
B. Cara Mengatasi Permasalahan dalam Membaca
Pertemuan VIII
Pembelajaran Keterampilan Membaca
A. Pemahaman Sebagai Esensi dari Kegiatan Membaca
B. Penerapan Pendekatan Proses dalam Pembelajaran Membaca
C. Strategi Pelaksanaan Tahap Prabaca
Pertemuan IX
Pembelajaran Keterampilan Membaca
D. Pemilihan Teks sebagai Materi dalam Pembelajaran Membaca
E. Penilaian Komptenesi Membaca
F. Beberapa Pendekatan dalam Pembelajaran Membaca
G. Evaluasi Pembelajaran Membaca
Pertemuan X
Uji Komptensi I (Tes Teori Tertulis)
Pertemuan XI
Uji Komptensi II (Tes Teori Tertulis)
Pertemuan XII
Uji Komptensi XIII (Tes Pengembangan Keterampilan Membaca)
Pertemuan XIV
Uji Komptensi IV (Tes Pengembangan Keterampilan Membaca)
Tes Praktik Membaca
1. Membaca Teks Pembukaan UUD 1945 (Kritis dan Teknik)
2. Membaca Susunan Acara ( Insentif)
3. Membaca Cerpen (Apresiatif dan Estetis)
4. Membaca Berita (koran, majalah, dll)
5. Membaca Puisi (Apresiatif dan Estetis)
6. Membaca Naskah Pidato (Insentif)
Catatan :
- Tugas praktik ini merupakan tugas keterampilan membaca dengan melakukan perekaman suara terhadap bacaan sesuai pembagian di atas.
- Nama file tugas menggunakan nama mahasiswa kemudian disimpan ke dalam compact disk (CD) dan dikumpul pada tanggal 23 Oktober 2013.
Pertemuan IV
UJIAN PENINGKATAN MUTU (UPM)
Pertemuan I
Pengantar Perkuliahan
A. Sosialiasasi Mata Kuliah
B. Pengarahan
C. Pengenalan
Pertemuan II
Hakikat Membaca
A. Pengertian Membaca
B. Fungsi Membaca
C. Manfaat Membaca
Pertemuan III
Keterampilan Membaca
A. Keterampilan Membaca Karya Ilmiah
B. Keterampilan Membaca Karya Ilmiah Populer
Pertemuan IV
Pemahaman dan Jenis Kegiatan Membaca
A. Memahami Bacaan
B. Memahami Kembali Isi wacana
C. Cara Memahami Wacana
Pertemuan V
Jenis-Jenis Membaca yang Perlu Dikembangkan
A. Membaca Intensif
B. Membaca Kritis
C. Membaca Cepat
D. Membaca Apresiatif
Pertemuan VI
Penguasaan Keterampilan Membaca
A. Bacaan yang Baik dan Ciri-cirinya
B. Membaca yang Baik dan Pembaca yang Baik
Pertemuan VII
Problematika dan Solusi dalam Keterampilan Membaca
A. Kendala- kenadala dalam Membaca
B. Cara Mengatasi Permasalahan dalam Membaca
Pertemuan VIII
Pembelajaran Keterampilan Membaca
A. Pemahaman Sebagai Esensi dari Kegiatan Membaca
B. Penerapan Pendekatan Proses dalam Pembelajaran Membaca
C. Strategi Pelaksanaan Tahap Prabaca
Pertemuan IX
Pembelajaran Keterampilan Membaca
D. Pemilihan Teks sebagai Materi dalam Pembelajaran Membaca
E. Penilaian Komptenesi Membaca
F. Beberapa Pendekatan dalam Pembelajaran Membaca
G. Evaluasi Pembelajaran Membaca
Pertemuan X
Uji Komptensi I (Tes Teori Tertulis)
Pertemuan XI
Uji Komptensi II (Tes Teori Tertulis)
Pertemuan XII
Uji Komptensi XIII (Tes Pengembangan Keterampilan Membaca)
Pertemuan XIV
Uji Komptensi IV (Tes Pengembangan Keterampilan Membaca)
Tes Praktik Membaca
1. Membaca Teks Pembukaan UUD 1945 (Kritis dan Teknik)
2. Membaca Susunan Acara ( Insentif)
3. Membaca Cerpen (Apresiatif dan Estetis)
4. Membaca Berita (koran, majalah, dll)
5. Membaca Puisi (Apresiatif dan Estetis)
6. Membaca Naskah Pidato (Insentif)
Catatan :
- Tugas praktik ini merupakan tugas keterampilan membaca dengan melakukan perekaman suara terhadap bacaan sesuai pembagian di atas.
- Nama file tugas menggunakan nama mahasiswa kemudian disimpan ke dalam compact disk (CD) dan dikumpul pada tanggal 23 Oktober 2013.
Pertemuan IV
UJIAN PENINGKATAN MUTU (UPM)
IV. PROSESI PERKULIAHAN
Pendekatan :
Ekspositori, komunikatif
Metode :
Ceramah, diskusi, pemecahan masalah, dan simulasi
Tugas :
Uji Kompetensi, evaluasi, penugasan kelompok dan individu
V.
PERANGKAT
PERKULIAHAN
A.
Buku atau Refensi :
1.
Kamus Besa Bahasa
Indonesia (KBBI) Pusat Bahasa, 2008
2.
Meningkatkan
Keterampilan Beerbahasa Indonesia Teori & Aplikasi,2012
Penyusn : Kundharu Saddhono dan St. Y. Slamet.
Penerbit : Karya Putra Darwati Bandung
3.
Seri Kuantum Cara Baru
Belajar Cerdas Bahasa Indonesia untuk SMA,2009
Penyusun : Tim SSCIntersolusi (Catarina
Sri Hastuti dan Murdiwiyono)
4. Internet
(online)
B.
Media Perkuliahan : OHP,
LCD/Power Point, Pembelajaran Lapangan
VI. PENILAIAN
1.
Kehadiran dan Kode Etik
30%
2.
Presentasi dan
Partisipasi 20%
3.
Uji Kompetensi 40 %
4.
Ujian Peningkatan Mutu
(UPM) 10%
Sengkang, 14 Agustus 2013
Mengetahui;
Ketua Program Studi Dosen Penanggung Jawab
Dr. Hj. Ratnawati Umar, M.Si. Muhsyanur, S.Pd., M.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar