Selasa, 15 Oktober 2013

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPPP) DAN KONTRAK PERKULIAHAN


GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPPP)
DAN KONTRAK PERKULIAHAN


I.                   IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah           : Membaca II
Kode Mata Kuliah            : -
Bobot SKS                                    : 4 SKS
Semester / Kelas             : VII / A, B, C, D, E, dan F
Jurusan/Program Studi  : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Status Mata Kuliah          : Wajib
Dosen / Kode Dosen      : Muhsyanur, S.Pd., M.Pd. (MU)
                                           
II.                TUJUAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan;
a.       memiliki pengetahuan mengenai teori-teori membaca
b.      memiliki keterampilan dalam menentukan pendekatan, metode dan teknik dalam kegiatan membaca karya ilmiah, karya ilmiah populer, maupun membaca sastra.
c.       memiliki kemampuan dan dapat lebih terampil memeraktikkan kegiatan membaca yang baik
d.      memiliki kemampuan pengembangan pada disiplin ilmu yang dimiliki

III.             DESKRIPSI

 Pertemuan I
      Pengantar Perkuliahan
       A. Sosialiasasi Mata Kuliah
       B. Pengarahan
       C. Pengenalan
Pertemuan II
     Hakikat Membaca
      A. Pengertian Membaca
      B. Fungsi Membaca
      C. Manfaat Membaca
Pertemuan III
     Keterampilan Membaca
     A. Keterampilan Membaca Karya Ilmiah
     B. Keterampilan Membaca Karya Ilmiah Populer
Pertemuan IV
     Pemahaman dan Jenis Kegiatan Membaca
     A. Memahami Bacaan
     B.  Memahami Kembali Isi wacana
     C. Cara Memahami Wacana
Pertemuan V
     Jenis-Jenis Membaca yang Perlu Dikembangkan
     A. Membaca Intensif
     B. Membaca Kritis
     C. Membaca Cepat
     D. Membaca Apresiatif
Pertemuan VI
    Penguasaan Keterampilan Membaca
    A. Bacaan yang Baik dan Ciri-cirinya
    B. Membaca yang Baik dan Pembaca yang Baik
Pertemuan VII
    Problematika dan Solusi dalam Keterampilan Membaca
    A. Kendala- kenadala dalam Membaca
    B. Cara Mengatasi Permasalahan dalam Membaca
Pertemuan VIII
    Pembelajaran Keterampilan Membaca
    A. Pemahaman Sebagai Esensi dari Kegiatan Membaca
    B. Penerapan Pendekatan Proses dalam Pembelajaran Membaca
    C. Strategi Pelaksanaan Tahap Prabaca
Pertemuan IX
    Pembelajaran Keterampilan Membaca
    D. Pemilihan Teks sebagai Materi dalam Pembelajaran Membaca
    E. Penilaian Komptenesi Membaca
    F. Beberapa Pendekatan dalam Pembelajaran Membaca
    G. Evaluasi Pembelajaran Membaca
Pertemuan X
    Uji Komptensi I (Tes Teori Tertulis)
Pertemuan XI
    Uji Komptensi II (Tes Teori Tertulis)
Pertemuan XII
    Uji Komptensi XIII (Tes Pengembangan Keterampilan Membaca)
Pertemuan XIV
    Uji Komptensi IV (Tes Pengembangan Keterampilan Membaca)
                    Tes Praktik Membaca
                     1. Membaca Teks Pembukaan UUD 1945 (Kritis dan Teknik)
                     2. Membaca Susunan Acara ( Insentif)
                     3. Membaca Cerpen (Apresiatif dan Estetis)
                     4. Membaca Berita (koran, majalah, dll)
                     5. Membaca Puisi (Apresiatif dan Estetis)
                     6. Membaca Naskah Pidato (Insentif) 
Catatan :
            - Tugas praktik ini merupakan tugas keterampilan membaca dengan melakukan   perekaman suara terhadap bacaan sesuai pembagian di atas.
           -  Nama file tugas menggunakan nama mahasiswa kemudian disimpan ke dalam compact disk (CD) dan dikumpul pada tanggal 23 Oktober 2013.
 
                          Pertemuan IV
                           UJIAN PENINGKATAN MUTU (UPM)

IV.  PROSESI PERKULIAHAN
Pendekatan          : Ekspositori, komunikatif
Metode                 : Ceramah, diskusi, pemecahan masalah, dan simulasi
Tugas                    : Uji Kompetensi, evaluasi, penugasan kelompok dan individu

V.     PERANGKAT PERKULIAHAN
A.      Buku atau Refensi :
1.      Kamus Besa Bahasa Indonesia (KBBI) Pusat Bahasa, 2008
2.      Meningkatkan Keterampilan Beerbahasa Indonesia Teori & Aplikasi,2012
      Penyusn : Kundharu Saddhono dan  St. Y. Slamet.
      Penerbit : Karya Putra Darwati Bandung
3.      Seri Kuantum Cara Baru Belajar Cerdas Bahasa Indonesia untuk SMA,2009
       Penyusun : Tim SSCIntersolusi (Catarina Sri Hastuti dan Murdiwiyono)
4.       Internet (online)
B.      Media Perkuliahan : OHP, LCD/Power Point, Pembelajaran Lapangan

VI.  PENILAIAN
1.                  Kehadiran dan Kode Etik 30%
2.                  Presentasi dan Partisipasi 20%
3.                  Uji Kompetensi 40 %
4.                  Ujian Peningkatan Mutu (UPM) 10%

                                                                       Sengkang, 14 Agustus 2013
  
         Mengetahui;
         Ketua Program Studi                           Dosen Penanggung Jawab



         Dr. Hj. Ratnawati Umar, M.Si.            Muhsyanur, S.Pd., M.Pd.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar