Selasa, 15 Oktober 2013

Uji Kompetensi I Membaca II Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Puangrimaggalatung Sengkang Kabupaten Wajo


Uji Kompetensi I


Nama Mahasiswa    : ………………………………………………………
NPM / No. Ujian      : ………………………………………………………
Kelas                          : ………………………………………………………


Beri tanda √ pada kolom sebelah kiri dengan sesuai kebiasaan dan karakter Anda!


1.

Ya
Setiap kali membaca saya selalu mengerti apa tujuan akhir yang hendak saya capai dari buku yang hendak dibaca.

Tidak

2.

Ya
Saya masih akan terus meningkatkan kemampuan dan kebiasaan membaca saya.

Tidak

3.

Ya
Setiap kali saya membaca, selalu menyesuaikan antara tujuan membaca, judul, dan jenis buku.

Tidak

4.

Ya
Kecepatan membaca yang saya terapkan tidak mengurangi pemahaman terhadap bacaan.

Tidak

5.

Ya
Pada waktu membaca, yang saya perhatikan pada garis-garis bacaan adalah satuan-satuan pikiran bukan kata demi kata.

Tidak

6.

Ya
Sewaktu proses membaca berlangsung, secara fisik saya diam, tidak menyuarakan apa yang say abaca melalui bibir atau menggerakkan anggota badan.

Tidak

7.

Ya
Saya tidak pernah mengulang-ulang melihat bagian kalimat atau paragraf yang telah dibaca.

Tidak

8.

Ya
Saya tidak pernah berhenti lama pada awal baris atau awal kalimat baru.

Tidak

9.

Ya
Membaca lebih lancer dan mudah mengerti bila tidak disuarakan.

Tidak

10.

Ya
Pada saat membaca, saya selalu memperhatikan tanda-tanda baca yang ada.

Tidak

11.

Ya
Bila apa yang say abaca saya suarakan dengan suara keras, maka orang lain akan mengerti dan dapat menikmatinya dengan senang.

Tidak

12.

Ya
Bila ada kata-kata sulit, tidak pernah saya minta bantuan kamus; cukup dengan mencarinya melalui hubungan makna dalam konteks kalimat.

Tidak

13.

Ya
Setelah membaca selesai saya dapat menceritakan secara lisan apa yang telah say abaca.

Tidak

14.

Ya
Saya cukup memiliki kekayaan kosa kata yang bersifat umum, di samping kosa kata-kosa kata yang bersifat khusus sesuai bidang saya.

Tidak

15.

Ya
Saya selalu mengenali dan berusaha memiliki kosa kata-kosa kata baru yang saya temukan dalam bacaan.

Tidak

16.

Ya
Saya tidak selalu percaya terhadap apa yang dikatakan pengarang, sebelum terbukti benar berdasarkan data dan alas an yang bisa dipertanggungjawabkan.

Tidak

17.

Ya
Terhadap apa yang diungkapkan oleh seorang pengarang, saya selalu membandingkan dan menilainya dengan pendapat pengarang-pengarang lain.

Tidak

18.

Ya
Saya selalu ikut berpikir terhadap apa yang say abaca, tidak meniru begitu saja terhadap apa kata pengarang.

Tidak

19.

Ya
Saya selalu mengecek kualitas setiap penulis yang gagasan atau bukunya baru terbit.

Tidak

20.

Ya
Setiap kali membaca, saya selalu berusaha membantu pemahaman saya dengan melihat gambar-gambar, table-tabel, diagram-diagram atau skema-skema yang tersedia.

Tidak

21.

Ya
Saya dapat menggunakan kartu-kartu catalog dalam berbagai jenisnya untuk menemukan buku di perpustakaan.

Tidak

22.

Ya
Untuk membantu menemukan sesuatu yang saya perlukan dari buku, saya sering menggunakan daftar isi dan daftar indeks.

Tidak

23.

Ya
Saya juga sering menggunakan alat bantu kamus, ensiklopedi, dan daftar panduan buku.

Tidak

24.

Ya
Selain membaca buku, saya juga sering membaca bacaan-bacaan popular: seperti surat kabar, majalah, atau bulletin-buletin.

Tidak

25.

Ya
Saya juga sering membaca buku jenis fiksi faupun non fiksi.

Tidak

26.

Ya
Saya mengenal nama pengarang novel yang favorit saat ini.

Tidak

27.

Ya
Saya juga mengenal nama-nama kolumnis top yang sering mengisi halaman-halaman surat kabar da mingguan.

Tidak

28.

Ya
Saya sering mengisi wakt luang saya dengan membaca bacaan-bacaan hiburan, semacam puisi misalnya.

Tidak

29.

Ya
Saya mempunyai catatan tentang buku-buku yang pernah say abaca, khususnya pendapat-pendapat para ahli yang saya anggap luar biasa.

Tidak

30.

Ya
Di rumah saya memiliki sejumlah koleksi buku yang tersimpan rapi.

Tidak


Nah, berapa Anda menjawab “ Ya ” pada kuis uji kompetensi di atas?

Apakah Anda menjawab,

23    -     30       = .............  

16    -     22       = .............

0      -     15       = .............

                                                            ............................, ........... September 2013

                                                           Mahasiswa,



                                                          .........................................


























 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar