Uji Kompetensi I
Nama Mahasiswa :
………………………………………………………
NPM / No. Ujian :
………………………………………………………
Kelas :
………………………………………………………
Beri tanda √ pada kolom
sebelah kiri dengan sesuai kebiasaan dan karakter Anda!
1.
|
Ya
|
Setiap
kali membaca saya selalu mengerti apa tujuan akhir yang hendak saya capai
dari buku yang hendak dibaca.
|
|
Tidak
|
2.
|
Ya
|
Saya
masih akan terus meningkatkan kemampuan dan kebiasaan membaca saya.
|
|
Tidak
|
3.
|
Ya
|
Setiap
kali saya membaca, selalu menyesuaikan antara tujuan membaca, judul, dan
jenis buku.
|
|
Tidak
|
4.
|
Ya
|
Kecepatan
membaca yang saya terapkan tidak mengurangi pemahaman terhadap bacaan.
|
|
Tidak
|
5.
|
Ya
|
Pada
waktu membaca, yang saya perhatikan pada garis-garis bacaan adalah
satuan-satuan pikiran bukan kata demi kata.
|
|
Tidak
|
6.
|
Ya
|
Sewaktu
proses membaca berlangsung, secara fisik saya diam, tidak menyuarakan apa
yang say abaca melalui bibir atau menggerakkan anggota badan.
|
|
Tidak
|
7.
|
Ya
|
Saya
tidak pernah mengulang-ulang melihat bagian kalimat atau paragraf yang telah
dibaca.
|
|
Tidak
|
8.
|
Ya
|
Saya
tidak pernah berhenti lama pada awal baris atau awal kalimat baru.
|
|
Tidak
|
9.
|
Ya
|
Membaca
lebih lancer dan mudah mengerti bila tidak disuarakan.
|
|
Tidak
|
10.
|
Ya
|
Pada
saat membaca, saya selalu memperhatikan tanda-tanda baca yang ada.
|
|
Tidak
|
11.
|
Ya
|
Bila
apa yang say abaca saya suarakan dengan suara keras, maka orang lain akan
mengerti dan dapat menikmatinya dengan senang.
|
|
Tidak
|
12.
|
Ya
|
Bila
ada kata-kata sulit, tidak pernah saya minta bantuan kamus; cukup dengan
mencarinya melalui hubungan makna dalam konteks kalimat.
|
|
Tidak
|
13.
|
Ya
|
Setelah
membaca selesai saya dapat menceritakan secara lisan apa yang telah say
abaca.
|
|
Tidak
|
14.
|
Ya
|
Saya
cukup memiliki kekayaan kosa kata yang bersifat umum, di samping kosa
kata-kosa kata yang bersifat khusus sesuai bidang saya.
|
|
Tidak
|
15.
|
Ya
|
Saya
selalu mengenali dan berusaha memiliki kosa kata-kosa kata baru yang saya
temukan dalam bacaan.
|
|
Tidak
|
16.
|
Ya
|
Saya
tidak selalu percaya terhadap apa yang dikatakan pengarang, sebelum terbukti
benar berdasarkan data dan alas an yang bisa dipertanggungjawabkan.
|
|
Tidak
|
17.
|
Ya
|
Terhadap
apa yang diungkapkan oleh seorang pengarang, saya selalu membandingkan dan
menilainya dengan pendapat pengarang-pengarang lain.
|
|
Tidak
|
18.
|
Ya
|
Saya
selalu ikut berpikir terhadap apa yang say abaca, tidak meniru begitu saja
terhadap apa kata pengarang.
|
|
Tidak
|
19.
|
Ya
|
Saya
selalu mengecek kualitas setiap penulis yang gagasan atau bukunya baru
terbit.
|
|
Tidak
|
20.
|
Ya
|
Setiap
kali membaca, saya selalu berusaha membantu pemahaman saya dengan melihat
gambar-gambar, table-tabel, diagram-diagram atau skema-skema yang tersedia.
|
|
Tidak
|
21.
|
Ya
|
Saya
dapat menggunakan kartu-kartu catalog dalam berbagai jenisnya untuk menemukan
buku di perpustakaan.
|
|
Tidak
|
22.
|
Ya
|
Untuk
membantu menemukan sesuatu yang saya perlukan dari buku, saya sering
menggunakan daftar isi dan daftar indeks.
|
|
Tidak
|
23.
|
Ya
|
Saya
juga sering menggunakan alat bantu kamus, ensiklopedi, dan daftar panduan
buku.
|
|
Tidak
|
24.
|
Ya
|
Selain
membaca buku, saya juga sering membaca bacaan-bacaan popular: seperti surat
kabar, majalah, atau bulletin-buletin.
|
|
Tidak
|
25.
|
Ya
|
Saya
juga sering membaca buku jenis fiksi faupun non fiksi.
|
|
Tidak
|
26.
|
Ya
|
Saya
mengenal nama pengarang novel yang favorit saat ini.
|
|
Tidak
|
27.
|
Ya
|
Saya
juga mengenal nama-nama kolumnis top yang sering mengisi halaman-halaman
surat kabar da mingguan.
|
|
Tidak
|
28.
|
Ya
|
Saya
sering mengisi wakt luang saya dengan membaca bacaan-bacaan hiburan, semacam
puisi misalnya.
|
|
Tidak
|
29.
|
Ya
|
Saya
mempunyai catatan tentang buku-buku yang pernah say abaca, khususnya
pendapat-pendapat para ahli yang saya anggap luar biasa.
|
|
Tidak
|
30.
|
Ya
|
Di
rumah saya memiliki sejumlah koleksi buku yang tersimpan rapi.
|
|
Tidak
|
Nah, berapa Anda menjawab “ Ya
” pada kuis uji kompetensi di atas?
Apakah Anda menjawab,
23 - 30 = .............
16 - 22 = .............
0 - 15 = .............
............................, ........... September 2013
Mahasiswa,
.........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar